Bagaimana Virus Komputer Dibuat dan Cara Mencegahnya


Di zaman internet yang mudah diakses ini ancaman-ancaman internet semakin mudah menyerang perangkat kita tak terkecuali virus komputer. kali ini kita akan membahas tentang bagaimana virus bisa dibuat dan bagaimana virus bisa merusak perangkat, berikut pembahasannya.

virus pada dasarnya adalah program komputer, jadi dia membutuhkan bahasa pemrograman untuk menulisnya.

Baca Juga: Apa itu Phising?

Bahasa Pemrograman Yang Dipakai Untuk Membuat Virus

Virus kerapkali ditulis memakai bahasa pemrograman;

  1.  Assembly Languages
  2. Basic
  3. C++
  4. Pascal
  5. Visual Basic script
  6. Java script dan sebagainya

Efek dari komputer yang terjangkit Virus

Sehingga sekarang terdapat lebih dari 10,000 ragam virus dan variasinya di segala dunia. Dan tiap-tiap hari tak kurang dari 10 ragam virus baru dijumpai. Dengan jumlah itu yakni agak mustahil untuk mengatakan bahawa komputer kita tak akan dijangkiti sama sekali!

Terdapat berjenis-jenis kerusakan yang diakibatkan oleh virus, antaranya ;

  1. Memformat Harddisk
  2. Komputer menjadi hang
  3. Memperlambat kinerja komputer
  4. Memberikan pesan gambar
  5. Komputer  restart sendiri
  6. Mencuri data 

Sedangkan terdapat virus yang cuma memaparkan pesan dan tidak dapat merusak, melainkan dia  dianggap mengganggu pengguna.

Negara Pembuat Virus

Terdapat beberapa negara yang menjadi negara pembuat virus diantaranya;

  • Bulgaria
  • Kanada
  • Jerman
  • Israel
  • Polandia
  • Indonesia
  • Amerika Serikat
  • Russia dan sebagainya

Variasi Virus berdasarkan sistem operasi

Tiap Virus berbeda dari segi sistem operasi, seumpama virus untuk sistem operasi Mac OS maka tak akan bisa menyerang sistem operasi Dos atau Windows begitu juga virus untuk sistem pengoperasi Linux. Terdapat juga virus untuk sistem operasi smartphone seperti sistem operasi Android, IOS dan lain-lain. Virus komputer juga tidak bisa menyerang manusia.

Mencegah Komputer Terjangkit Virus

Menghapus virus komputer tidak mudah tanpa dukungan alat penghapusan perangkat lunak beresiko. Sebagian virus komputer serta perangkat lunak yang tidak diinginkan lainnya bisa menginstal ulang diri setelah virus

dideteksi serta dihapus. Untungnya, dengan memperbarui komputer serta memakai alat menghapus perangkat lunak beresiko, Kamu dapat menghapus perangkat lunak yang tidak diinginkan selamanya.

1. Pasang Antivirus serta Pembaharuan Secara Berkala

Antivirus ialah salah satu aplikasi yang harus dipasang untuk para pengguna komputer. Pada biasanya, antivirus ini berisi daftar- daftar virus yang sangat beresiko serta memberantasnya dalam waktu yang sama. Dengan memasang antivirus, maka komputer kalian akan aman dari virus- virus jahat.

2. Scan Berkala dengan Antivirus

Setelah memasang antivirus, hendaknya jalani scan virus secara berkala pada komputer kalian. Scan dengan jangka waktu seminggu sekali maupun minimum sebulan sekali. Ada pula tujuan dari dilakukannya scan ini merupakan buat memonitor virus di dalam komputermu. Bila ditemukan virus, hingga virus dapat langsung di karantina serta dihapus oleh antivirus kalian.

3. Waspada Saat Menjelajahi Internet

Internet jadi salah satu sarang virus komputer. Oleh karena itu, kalian wajib berjaga- jaga pada saat mendatangi web web. Apalagi, tidak sedikit, timbul iklan- iklan di internet yang di mana iklan tersebut merupakan suatu virus. Hingga dari itu, yakinkan kalian tidak asal klik pada suatu iklan.

4. Berjaga- jaga Saat Memakai USB

Saat ini, USB jadi salah satu alat penyimpanan data yang sangat instan. Tetapi, perangkat tersebut nyatanya gampang terserang virus. Jadi, kalian pula wajib hati- hati nih dalam memakai USB. Bila temanmu memindahkan memakai USB, hingga kalian wajib berwaspada sebab dapat jadi USB tersebut sudah terserang virus. Tidak hanya itu, kalian pula wajib yakinkan jika USB yang masuk ke dalam komputermu bebas dari seluruh virus.

5. Waspada Dikala Membuka E- mail Attachment dari Pengirim Tidak Dikenal

Kerap kali, kemudian kalian menerima email dengan attachment ataupun lampiran pada badan email tersebut. Kalian pula wajib hati- hati dalam membuka lampiran ini sebab dapat jadi email attachment ini merupakan virus. Jadi, bila kalian tidak mengenali siapa pengirim emailnya, jangan buka email attachment dan hapus emailnya. 

6. Fitur firewall

Firewall adalah sistem keamanan yang berfungsi melindungi komputer dari berbagai ancaman virus di innternet. Cara kerja sistem ini adalah sebagai sekat tembok yang membatasi komputer dari jaringan internet. Sehingga mampu menghalangi hacker, virus dan malware yang hendak menyusup ke dalam komputer melalui jaringan internet. Oleh karena itu, diperlukan fitur firewell ini guna melindungi komputer Anda secara menyeluruh, melindungi data dari hacker yang tidak terotorisasi, melakukan block pesan yang mencurigakan dan tidak diinginkan. Cara kerjanya adalah menyaring data antara jaringan di internet menggunakan satu, dua atau melakukan kombinasi ketiga cara tersebut guna mengamankan jaringan.


Itu saja pembahasan kita kita kali semoga apa yang disampaikan bisa menjadi informasi untuk terus berwaspada dalam internet, akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url