Evolusi Pro Evolution Soccer, apa bedanya dengan Winning Eleven?

 

E Football PES 2020

Jadi kali ini kita akan bahas evolusi nama game Pro Evolution Soccer atau biasa disebut dan PES dan apa bedanya PES dengan Winning Eleven, Karena selama ini masih banyak gamers sepakbola, khususnya gamers jadul yang masih bingung perbedaan antara game buatan Konami ini yang gua bahas di artkel ini hanya evolusi nama gamenya saja, bukan hal hal teknis seperti grafik, fitur, gameplay dll. 


Goal Storm (Amerika Utara dan Eropa), World Soccer Winning Eleven (Jepang/Asia) 

Goal Storm (Amerika Utara dan Eropa), World Soccer Winning Eleven (Jepang/Asia)

    PES pertama kali di rilis tahun 1996 di konsol Playstation 1 tapi namanya saat itu bukan PES melainkan Goal Storm yang dirilis untuk region eropa dan amerika utara. Sementara untuk region Jepang namanya adalah World soccer Winning eleven. nah disini kamu sudah bisa melihat perbedaanya. Jadi nama winning eleven itu dikhususkan untuk pasar Jepang ataupun Asia. Jadi wajar aja Winning Eleven lebih kita kenal di Indonesia saat itu ketimbang PES. for your information, yang namanya game Playstation mulai dari ps1 sampai sekarang Developer game selalu membedakan mana game yang dirilis untuk pasar Amerika, Eropa dan juga Asia atau istilah sekarang region sekalipun nama game nya sama, pasti ada perbedaan antar region tersebut.


Goal Storm 97(Amerika Utara), Iss Pro(Eropa), World Soceer winning eleven 97, World Soccer Jikkyou Winning Eleven 3(Jepang)

World Soccer Winning Eleven, Iss pro, goal Storm 97


    Selang setahun berikutnya tahun 1997 Konami merilis kembali dengan judul World Soceer winning eleven 97 untuk Jepang, ISS Pro untuk pasar eropa dan Goal Storm 97 untuk pasar amerika utara kali ini Konami membedakan judul game-nya antara region Eropa dan Amerika utara Tahun berikutnya 1998 Konami merilis edisi khusus piala dunia untuk pasar jepang dengan judul World Soccer Jikkyou Winning Eleven 3: World Cup France sekedar info lagi ni, Konami selalu merilis banyak edisi untuk pasar Jepang khususnya ditahun ini dan dinext gen. selain edisi piala dunia, Konami juga merilis judul lainnya yaitu J.League Jikkyou Winning Eleven 3 dan World Soccer Jikkyou Winning Eleven 3 Final Ver. nah untuk pasar eropa dan amerika sendiri judul nya adalah ISS Pro 98.

World Soccer Jikkyou Winning Eleven 3: Football world Cup France 98, Final Ver, Iss Pro 98


 ISS Pro Evolution 2(Eropa), World Soccer Jikkyou Winning Eleven 4

Iss Pro Evolution Soccer, Winning Eleven 4


    Tahun 1999 konami kembali mengubah sedikit judul untuk pasar eropa dan amerika utara yaitu ISS Pro Evolution, untuk region Jepang World Soccer Jikkyou Winning Eleven 4 dalam edisi ini Konami memperkenalkan fitur baru yaitu Master League dimana kamu bisa memainkan sebuah liga dan melakukan jual beli pemain layaknya seorang pelatih. ini adalah fitur Legend dari game PES atau Winning Eleven masuk tahun 2000, judul game untuk wilayah Jepang adalah World Soccer Jikkyou Winning Eleven 2000: U-23 Medal Heno Chousen ini adalah edisi Olimpiade nya bro, makanya ada embel-embel U-23.

Winning Eleven 2000: U-23 Medal Heno Chousen, Iss 2

 untuk eropa namanya ISS Pro Evolution 2 sayangnya untuk tahun ini konami absen merilis untuk pasar Amerika utara karna alasan lisensi oh ya, semua judul game yang gua sebutkan tadi dirilis di playstation 1 dan untuk pasar jepang semua bahasa yang digunakan adalah bahasa Jepang tapi kok Winning Eleven PS1 di Indonesia bahasa yang digunakan kok bukan jepang? padahal judulnya kan Winning eleven? jadi gini, Winning eleven yang beredar di indonesia khususnya dirental-rental saat itu adalah game yang sudah di oprek oprek oleh tangan-tangan kreatif jadi tidak hanya bahasa yang kadang di ubah, tapi banyak juga skil-skil pemain diubah, dan kadang juga lagu di ubah tapi satu yang gak bisa dirubah. yakni komentatornya, siapa sih yang tidak ingat kata kata Shutto dari om John kabbira. 


Pro Evolution Soccer (Eropa), World soccer Wining eleven 5 (Amerika Utara dan Jepang)

    Oke ditahun 2001 kita masuk ke Next gen Konsol yakni PS2 Untuk pasar Eropa namanya adalah game Pro evloution Soccer dan untuk pasar Amerika utara dan Jepang namanya adalah World soccer Wining eleven 5 dan untuk versi PS1 nya Konami merilis hanya untuk region Eropa nama Pro evolution Soccer untuk region eropa bertahan Hingga tahun 2006 artinya sampai Pro evolution Soccer 6 sedangkan untuk pasar Jepang namanya adalah World soccer Winning Eleven 10 khusus untuk pasar amerika utara Winning Eleven 10 diganti dengan Winning Eleven Pro evolution soccer 2007 oh ya selama periode tersebut Konami juga merilis gamenya untuk platform baru seperti gamecube, windows, PSP, Nintendo DS, Xbox dan Xbox360. dan untuk konsol ps1 berakhir di tahun 2002. 


Tidak ada pergantian nama hanya perubahan tahun

Sekarang kita masuk ditahun 2007, saingan xbox 360 yaitu ps3 masuk sebagai plaform baru sejak tahun ini sebenarnya tidak ada perubahan berarti, karna nama gamenya masih pro evolution soccer hanya saja angka dibelakang diganti menjadi tahun yakni Pro evolution soccer 2008 untuk pasar eropa dan amerika utara dan World Soccer WE 2008 untuk pasar Jepang. oh ya sejak tahun ini nama game yang dirilis untuk pasar eropa dan amerika utara selalu sama nama pro evolution soccer dengan akhiran tahun bertahan hingga 2018 jadi game untuk pasar Eropa dan amerika utara berakhir dengan nama Pro evolution Soccer 2019. sedangkan untuk pasar Jepang berakhir dengan nama Winning Eleven 2019 karna sejak 2015 embel World soccer dihilangkan lagi, selama periode tersebut tentunya konami merilis di banyak platform baru seperti Nintendo wii, Mobile Phone, ios, 3DS, andorid, windows Phone 7, xbox one dan PS4. 2 nama terakhir adalah versi next gen nya yang masuk di tahun 2014 ada yang unik ni, untuk Winning Eleven atau PES PS2 itu konami merilis hingga tahun 2013 artinya game ini tetap disupport konami hingga 13 tahun lamanya, Luar biasa bukan dan juga menjadi game terakhir yang pernah dirilis di konsol PS2. 


E Footbal PES 2020 dan 2021 (Amerika Utara, Eropa dan negara lainnya), E Football WE 2020 dan 2021 (Jepang)

E Footbal PES 2020 dan 2021 (Amerika Utara, Eropa dan negara lainnya), E Football WE 2020 dan 2021 (Jepang)


Sekarang kita masuk ditahun 2019 dimana kembali ada perubahan nama lagi jadi untuk pasar Amerika utara, eropa dan negara-negara lainnya namanya adalah eFootball PES 2020 sedangkan untuk tuan rumah Jepang namanya adalah eFootball Winning eleven 2020 sekali lagi mempertahankan nama Winning Eleven tahun berikutnya tetap sama yakni efootball pes 2021 hanya saja menambahkan season Update dibelakang judul gamenya karna Konami tetap mempertahankan gameplay yang 2020, hanya mengupdate jersey dan transfer pemain sedangkan untuk region tuan rumah namanya adalah eFootball Winning eleven 2021 season update.

E Football PES 2021


E Football

E Football


    Di tahun 2021 Konami membuat gebrakan besar pada nama gamenya tidak tanggung tanggung, nama PES dan Winning Eleven yang sudah bertahan lebih dari 2 dekade dihilangkan nama game nya diganti menjadi eFootball pergantian ini mendapat banyak kritikan dari para player PES, karna nama PES sudah sangat familiar buat mereka selama bertahun tahun sebenarnya tidak hanya nama tapi banyak hal baru dalam game ini tapi gua gak bahas lebih lanjut karna di artikel ini gua cuma membahas evolusi nama gamenya saja mungkin lain kesempatan akan dibuatkan post tentang fitur-fitur terbaru e football .

Kesimpulan

Pro Evolusion Soccer dan Winning Eleven perbedaanya adalah pada regionnya, yang dimana pes dirilis di Amerika utara, Eropa dan negara lainnya sedangkan we hanya dirilis di Jepang. dan juga perbedaan pada cover. 

Itu dia sejarah nama game Pro evoultion soccer atau Winning Eleven gimana sekarang kamu jadi tahu kan perbedaanya?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url