5 Software Pengolah Database

 


    Database adalah struktur data yang menyimpan informasi yang terorganisir. Sebagian besar database berisi beberapa tabel, yang masing-masing mungkin menyertakan beberapa bidang berbeda. Misalnya, database perusahaan mungkin menyertakan tabel untuk produk, karyawan, dan catatan keuangan.

    Kali ini saya akan menjelaskan 5 Software pengolah database, saat ini sendiri ada beberapa software database yang bisa anda gunakan. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya menjadi yang paling populer. Meskipun umumnya memiliki tampilan serta tombol menu yang berbeda namun tetap memiliki fungsi yang sama.

    Umumnya, perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola database dikenal dengan sebutan database management system. Istilah database sendiri mengacu pada koleksi data yang semuanya saling terkait satu dengan yang lain. Tujuannya yakni bisa digunakan untuk mengolah data agar lebih efisien dan juga efektif.


Baca juga: Jenis-Jenis Kertas


Macam-macam software pengolah database 

1. MySQL



    MySQL adalah sistem manajemen database relasional yang berbasis SQL - Structured Query Language. Aplikasi digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk gudang data, e-commerce, dan aplikasi pencatatan. Namun, penggunaan mySQL yang paling umum adalah untuk tujuan database web. Aplikasi yang satu ini memiliki sifat open source serta bisa Anda gunakan untuk membuka platform dengan baik tanpa mengalami gangguan. MySQL sendiri bisa Anda gunakan sebagai sistem operasi dari Linux, Windows, mac OS X, dan masih banyak lagi. Terlebih, aplikasi ini juga bersifat network, sehingga Anda bisa menggunakannya dengan multi user.

2. Microsoft SQL Server



    Microsoft SQL Server adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang mendukung berbagai macam pemrosesan transaksi, kecerdasan bisnis, dan aplikasi analitik di lingkungan TI perusahaan. Bahasa database yang digunakan tersebut adalah Transact-SQL yang merupakan gabungan dari SQL standar ISO/ANSI. Memang bahasa ini merupakan bahasa yang populer dan banyak digunakan oleh Sybase ataupun Microsoft.

3. Oracle Databae

    Aplikasi ini merupakan aplikasi database terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan data dengan skala besar. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk menyimpan data hingga ukuran terabyte. Saat ini pun ada banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Alasannya karena dapat menyimpan dalam jumlah besar selain itu juga mudah didownload.

4. PostgreSQL

    Aplikasi ini merupakan aplikasi basis data yang bersifat data relasional sehingga bisa digunakan untuk menyimpan hingga mengembalikan data dengan aman. Aplikasi ini sendiri mampu merespon perintah dari perangkat lunak atau aplikasi yang lain.

    Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini dengan lebih ringan, meskipun digunakan oleh banyak pengguna. Perlu diketahui juga bahwa pengguna yang mempunyai macOS Server, aplikasi PostgreSQL adalah database default. Hal ini berarti aplikasi basis data yang satu ini memang sudah terinstall dan bawaan dari OS tersebut.

5. SQLite
 

    SQLite adalah software yang menyediakan sistem manajemen database relasional. Lite di SQLite berarti ringan dalam hal penyiapan, administrasi database, dan resource yang diperlukan. SQLite memiliki beberapa fitur penting berikut: mandiri, tanpa server, konfigurasi nol, transaksional.
    SQLite memungkinkan koneksi database tunggal untuk mengakses beberapa file database secara bersamaan. Ini membawa banyak fitur bagus seperti menggabungkan tabel di database yang berbeda atau menyalin data antar database dalam satu perintah.


Itu Saja pembahasan kali ini semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kekurangan 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url