Jenis-Jenis Kertas

 


Kertas adalah bahan tipis yang dihasilkan dari proses pengepresan serat kayu yang berasal dari pulp. Kertas pertama kali dikembangkan oleh bangsa Cina. Dengan penemuan kertas ini, telah merubah kebiasaan orang-orang dalam mendokumentasikan tulisannya yang telah terbiasa menulis lewat media kain, batu, tulang, serta daun.

Jenis-Jenis Kertas

1. HVS


 Kata HVS berasal dari bahasa Belanda yakni houtvrij schrijfpapier, yang berarti kertas tulis bebas serat kayu.
Di Indonesia kertas ini hadir dalam berbagai ukuran dan ketebalan kertas. Penggunaan yang beragam membuat kertas ini harus tersedia setiap saat di toko atau usaha percetakan.


Kertas HVS berdasarkan ukuran

a. Kertas HVS B5. Kertas ini berukuran 18,2 x 25,7 cm. Biasanya digunakan untuk mencetak buku bacaan maupun buku catatan.

b. Kertas HVS kuarto (Q4). Sering juga dikenal sebagai ukuran letter. Ukurannya adalah 21,6 x 27,9 cm. Lebar kertas ini sedikit lebih panjang daripada ukuran A4.

c. Kertas HVS A4. Ukuran kertas paling populer digunakan. Dengan lebar 21 cm dan panjang 29,7 cm, kertas A4 juga menjadi standar internasional yang dipakai di berbagai belahan dunia.

d. Kertas HVS F4. Sering juga disebut sebagai kertas folio. Di Inggris dikenal sebagai foolscap paper. Berukuran 21,6 x 33 cm, kertas ini masih mudah ditemui di Indonesia.

e. Kertas HVS A3 Berukuran 29,7 x 42 cm, kertas ini sering digunakan untuk keperluan fotokopi atau mencetak dokumen yang berukuran lebih besar.

f. Kertas HVS plano. Wajib dibeli untuk usaha percetakan atau fotokopi. Ukuran kertas plano untuk HVS beragam, yakni 79 x 109 cm, 65 x 100 cm, 65 x 90 cm, dan 61 x 86 cm.

Kertas HVS berdasarkan gramatur

a. Kertas HVS 70 gsm. Biasa digunakan untuk keperluan mencetak dokumen biasa atau fotokopi karena lebih ekonomis.

b. Kertas HVS 80 gsm. Merupakan gramatur standar untuk tugas makalah, skripsi/tesis/disertasi, hingga dokumen penting kantor perusahaan dan pemerintahan.

c. Kertas HVS 100 gsm. Mencetak di kertas ini menghasilkan gambar yang lebih detail, biasa digunakan untuk keperluan presentasi.


2. Book Paper 

Book paper adalah kertas yang dirancang khusus untuk penerbitan buku cetak. Secara tradisional, kertas buku adalah kertas putih atau putih, buram untuk meminimalkan tembus teks dari satu sisi halaman ke sisi lain, dan dibuat untuk memperketat kaliper atau spesifikasi ketebalan, terutama untuk buku case-bound.

Ciri khas kertas ini bertekstur sedikit kasar cenderung halus, kekuningan, ringan dan tipis. Ketebalan kertas mulai 55 gsm,70, dan 90 gsm. Kertas ini kegunaannya khusus untuk Buku yang sifat teks saja,karena untuk gambar kurang menghasilkan warna yang tajam karena warna kertasnya sendiri cenderung kekuningan. Kertas ini diciptakan agar membuat mata anda selalu nyaman berlama-lama dalam membaca buku.


3. Art Paper

Art Paper adalah kertas yang sering digunakan pada percetakan offset dan digital. Kertas jenis ini memiliki karakteristik berkilau dan bisa ditambahkan finishing menggunakan doff, glossy, maupun dengan UV.

Art paper memiliki ketebalan yang bervariasi dari 85 gram hingga 150 gram. Biasanya, art paper digunakan untuk mencetak kalender, brosur, flyer, poster, bahkan majalah.

4. Art Carton

Kertas Art Carton merupakan salah satu jenis kertas yang umum digunakan untuk beragam keperluan, mulai dari kartu nama, brosur, hingga kepada pembuatan kotak makanan dan minuman dengan beragam bentuk.

Warna kertas art carton ini putih mengkilap di kedua sisi, kurang lebih serupa dengan art paper, tetapi ukurannya jauh lebih tebal sehingga cocok digunakan untuk produk cetakan yang membutuhkan bahan yang lebih kokoh dibandingkan art paper.


5. Karton BW 

Bluish White (BW) adalah kertas putih dengan tekstur kasar. Kertas ini banyak digunakan untuk keperluan Kartu nama, Cover buku, Agenda, Sertifikat. Kertas BW mempunyai gramatur 210 – 250. Kertas ini biasa digunakan untuk Sertifikat, Kartu Iuran Bulanan, Map, Undangan dan lainnya . Kertas ini cocok untuk ditulis lewat pena seperti kertas HVS.

6. Buffalo

Kertas buffalo adalah jenis kertas yang memiliki ciri bertekstur kasar di bagian kertasnya seperti ada serat kayu yang bisa di pegang dengan jelas dan dapat dilihat secara kasat oleh mata, kertas ini terbuat dari proses daur ulang oleh karena itu kertas jenis satu ini juga masuk dalam kategori yang ramah lingkungan.



7. NCR



kertas ini bertekstur halus, tipis, dan memiliki partikel karbon. Kertas ini biasa digunakan pada Nota, Bon, Struk,Faktur, Surat Jalan dan lainnya. Kertas ini mudah ditulis dan bisa mengcopy pada kertas halaman kedua karena ada partikel karbonnya.


Itu saja pembahasan tentang jens kertas kali ini sebenarnya masih banyak lagi tapi lain kali saja saya buat lagi

Sumber: Berbagai sumber

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url