Kencana ungu atau biasa orang sebut pletekan

    Waktu saya dirumah saya melihat tumbuhan ini di halaman rumah, saya ingat tumbuhan ini buahnya bisa meletup bila terkena air sangat unik sekali bukan. lalu saya pun penasaran dengan nama tumbuhannya karena biasanya orang  setelah saya telusuri di search engine ternyata nama tumbuhnnya adalah Kencana ungu atau nama latinnya adalah Ruellia tuberosa.

    Kencana ungu liar (Ruellia tuberosa) adalah bunga liar yang berwarna biru atau ungu yang memiliki biji kering yang dapat meletup jika terkena air. Kencana ungu liar adalah spesies dari tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Acanthaceae. Berasal dari Amerika Tengah, tetapi kini sudah tersebar di seluruh dunia terutama daerah beiklim tropis dan juga di Asia Tenggara.



Taksonomi Dan Morfologi Tanaman Pletekan


Menurut Plantamor (2012) tanaman pletekan mempunyai klasifikasi
sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Scrophulariales
Familia : Acanthaceae
Genus : Ruellia
Spesies : Ruellia tuberosa L.

    Tanaman pletekan memiliki habitus terna, semusim dan
tinggi 0,4-0,9 m. Batangnya tegak, pangkal sedikit berbaring, bersegi, berwarna
hijau. Daunnya tunggal, bersilang berhadapan, berbentuk solet, ujungnya
membulat, pangkal runcing, tepi begerigi, memiliki panjang 6-18 cm, lebar 3-9
cm, licin, pertulangan menyirip dan berwarna hijau. Majemuk, bentuk payung,
diketiak daun, terdiri 1-15 bunga dengan kelopak 2-3 cm, benang sari melekat
pada tabung mahkota berjumlah 4, dasar mahkota membentuk tabung, ujung
berlekuk 5, panjang 3,5 – 5 cm, berwarna ungu. Buah kotak, lonjong, kering,
berbiji banyak, panjang 2-3 cm, membuka dengan 2 katup, warnanya hijau.
Biasanya buahnya digunakan anak-anak untuk bermain yaitu jika dicelupkan ke dalam air, polong kering tersebut akan meletup. Bijinya berbentuk bulat,
kecil, cokelat. Berakar tunggang, membentuk umbi, berwarna cokelat (Depkes,
2014)
Ruellia tuberosa L.  berasal dari daerah tropis di Amerika tetapi aslinya di Asia Tenggara (Thailand, Semenanjung Malaysia, Jawa) dan tempat lain di daerah tropis (India, Sri Lanka, Afrika), tanaman ini juga di budidaya sebagai tanaman hias (Lemmens dan Bunyapraphatsara, 2003)

Walaupun tanaman ini tergolong tanaman liar ternyata memiliki manfaat salah satunya bagian daun berkhasiat sebagai obat sakit kencing batu dan kencing manis. di Asia Tenggara sangat jarang sekali tumbuhan ini digunakan sebagai obat. Tumbuhan ini juga memiliki berbagai aplikasi dalam pengobatan tradisional di Amerika tropis, yang paling umum digunakan yaitu akar.

Alasan mengapa tumbuhan ini begitu liar karena buah dari tanaman Kencana Ungu ini dapat meledak dan terlempar dengan sendirinya ketika tanaman sudah tua dan mulai kering. Ketika buah tersebut meledak, kita dapat melihat biji-biji kecil keluar dari dalamnya. Nah, biji itulah yang merupakan benih untuk tumbuhan Kencana Ungu yang baru. Itulah sebabnya tanaman ini banyak tumbuh di mana-mana. Karena buahnya yang sering meledak sendiri ketika tua dan mengeluarkan biji yang tumbuh di tanah tempat ia jatuh.



Itulah Bahasan kami mengenai Tumbuhan Kencana Ungu atau biasa orang sebut dengan "pletekan" beberapa orang merasa nostalgia dengan tanaman ini karena mengingat masa anak-anak.




Hey, terima kasih telah membaca artikel ini jangan lupa klik berlangganan untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini Sampai jumpa 😀.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url